Produksi iPhone di India Terhambat karena Bentrok dengan China

Produksi iPhone di India Terhambat karena Bentrok dengan China

Jago Berita Jago Inet

Konflik antara China dan India masih terus berlanjut dan berdampak ke industri teknologi. Kali ini produksi iPhone di India yang terdampak akibat komponen dari China yang ditahan di pelabuhan India.

Dikutip detikINET dari Reuters, Jumat (3/7/2020) Foxconn selaku pabrik manufaktur iPhone di India terpaksa menghentikan operasinya untuk sementara.

Pasalnya petugas bea cukai di pelabuhan India menahan komponen yang dikapalkan dari China dan meminta izin masuk tambahan, padahal tidak ada aturan resmi dari pemerintah. Pengecekan tambahan ini datang setelah bentrok di perbatasan Himalaya yang terjadi pada bulan lalu dan menewaskan 20 tentara India.

Lebih dari 150 kargo milik Foxconn yang sebagian besar terdiri dari komponen ponsel dan elektronik ditahan di pelabuhan Chennai. Tapi beberapa kargo telah berhasil diloloskan.

Produksi iPhone di India Terhambat karena Bentrok dengan China

Foxconn sendiri memiliki dua pabrik di negara bagian Tamil Nadu dan Andhra Pradesh yang digunakan untuk memproduksi iPhone dan ponsel Xiaomi. Karena tidak ada komponen yang bisa digarap, ribuan pegawai Foxconn akhirnya hanya berdiam di akomodasi yang disediakan perusahaan.

“Foxconn berada dalam kondisi yang sangat buruk … banyak pekerja yang tinggal di asrama karena tidak ada pekerjaan yang bisa dilakukan,” kata seorang sumber anonim kepada Reuters.

Dua petinggi di Kementerian Keuangan India yang mengawasi departemen bea cukai mengatakan kebijakan inspeksi dan pengecekan ini hanya sementara dan akan segera dilonggarkan.

“Kami tidak bisa terus mengecek 100% pengapalan selamanya. Kargo dari perusahaan non-China yang terdampak akan menjadi prioritas untuk diloloskan,” kata seorang petinggi.

Belum diketahui seberapa besar dampak dari gangguan produksi ini. Tapi pabrik Foxconn di India digunakan Apple untuk memproduksi banyak seri ponsel mulai dari iPhone SE original sampai iPhone XR.

Gangguan ini juga semakin memperparah masalah produksi dan supply chain di beberapa perusahaan teknologi di India akibat virus Corona. Aktivitas bisnis di Negara Bollywood memang baru dimulai belakangan ini.

Terhambatnya produksi iPhone di pabrik Foxconn India hanya satu dari banyak efek yang muncul setelah hubungan China-India yang memanas. Pada awal pekan ini, India melarang 59 aplikasi asal China karena dianggap sebagai ancaman terhadap keamanan nasional.

Sumber : https://inet.detik.com/business/d-5079280/produksi-iphone-di-india-terhambat-karena-bentrok-dengan-china