Pendakian Gunung Merbabu Ditutup karena Virus Corona

Pendakian Gunung Merbabu Ditutup karena Virus Corona

Jago Berita Jago Travel

Pendakian Gunung Merbabu Ditutup karena Virus Corona – Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb) menutup sementara tempat wisata alam dan jalur pendakian di kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu. Keputusan itu diambil untuk meminimalkan penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19).

Maka seluruh tempat wisata alam dan jalur pendakian di kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu terhitung mulai tanggal 15 Maret 2020 pukul 18.00 WIB ditutup sementara, sampai dengan 14 hari ke depan, kata Kepala BTNGMb.

BTNGMb sudah mengeluarkan surat pengumuman penutupan Taman Nasional Gunung Merbabu itu dengan Nomor : PG. 05 /T.35/TU/EVLAP/03/2020 tentang antisipasi dan kesiapsiagaan pencegahan penyebaran corona virus disease (COVID-19).

Dalam surat tertanggal 15 Maret 2020 itu disebutkan penutupan sementara Gunung Merbabu dilakukan dalam tempo 14 hari.

Gunung Merbabu ditutup karena virus Corona menyebar kian luas. Selain itu, penutupan berdasarkan protokol peningkatan kewaspadaan terhadap risiko persebaran virus Corona serta surat edaran Gubernur Jawa Tengah Nomor:440/0005942 tanggal 14 Maret 2020 tentang peningkatan kewaspadaan terhadap resiko penularan infeksi COVID-19 di Jawa Tengah

Proses ini sudah kami komunikasikan dan koordinasikan dengan forkompimcam (forum komunikasi pimpinan kecamatan) Selo, Pakis, Getasan, Sawangan, ujar Junita.

Junita bilang pemerintah daerah yang akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat, karena kejadian merebaknya virus corona sudah merupakan permasalahan nasional. Masyarakat diimbau mentaati pengumuman ini dan menunda dulu bagi yang ingin naik ke Gunung Merbabu.

Dimohon para pihak untuk bekerjasama dan kami siap untuk berkoordinasi, katanya.

Balai Taman Nasional Gunung Merbabu akan melakukan evaluasi dan mengambil kebijakan lebih lanjut dengan memperhatikan perkembangan persebaran virus corona.

Demikian kami sampaikan, agar dapat menjadi perhatian dan dipedomani, ujar dia.

sumber : https://travel.detik.com/travel-news/d-4942140/jalur-pendakian-gunung-merbabu-ditutup-karena-virus-corona