6 Tips Psikolog agar Anak Belajar Dirumah

JagoTips

6 Tips Psikolog agar Anak Belajar Dirumah – Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy menyatakan tahun ajaran baru bakal dimulai sesuai jadwal yang ada. Namun, ia menyebut kegiatan belajar mengajar ini bakal tetap dilaksanakan di rumah.

“Kegiatan belajarnya untuk sementara tetap di rumah masing-masing,” kata Muhadjir kepada detikcom, Kamis (4/6/2020).

Hingga saat ini, murid telah belajar dari rumah sejak Maret lalu. Belajar dari rumah dinilai tak menyenangkan seperti di sekolah. Beberapa anak bahkan ada yang mengalami rasa kebosanan saat belajar dari rumah.

Psikolog Ghianina Armand, MSc, Child Development dan Gracia Ivonika MPsi, dari Personal Growth membagikan 6 cara yang bisa membuat belajar anak menjadi efektif di rumah.

6 Tips Psikolog agar Anak Belajar Dirumah

1. Membuat Rutinitas Terstruktur

Penting bagi orang tua membuat jadwal rutinitas yang terstruktur terhadap anak. Hal ini untuk membuat sang anak fokus dalam membagi waktu serta efektif saat belajar di rumah.

“Dengan memiliki jadwal belajar yang jelas dan terstruktur setiap harinya, anak akan memiliki mindset bahwa dalam jangka waktu tersebut adalah waktu untuk belajar walaupun proses pembelajaran dilakukan di rumah,” ujar Ghianina.

2. Buat Ruangan Khusus Untuk Belajar

Meskipun di rumah, orang tua harus menyiapkan ruangan yang secara khusus untuk anak belajar. Hal ini agar anak tetap efektif belajar di rumah. Selain itu, di saat anak belajar hindari segala sesuatu hal yang mengganggu dalam ruangan atau tempat belajarnya.

“Misalnya menyiapkan meja khusus belajar di kamar, ruang belajar, atau ruang keluarga. Sehingga di saat jadwal belajar tiba, anak secara otomatis langsung melakukan kegiatan belajar di area yang sudah ditentukan,” kata Gracia.

3. Berpakaian Rapi

Berpakaian yang rapi saat belajar di rumah dapat meningkatkan semangat belajar anak. Selain itu membuat anak merasa tidak seperti sedang belajar di rumah.

“Menyiapkan diri dengan berpakaian rapi akan membentuk sebuah mindset bahwa anak secara fisik dan mental siap untuk menjalani proses pembelajaran dan tentunya meningkatkan efektivitas pembelajaran tersebut,” kata Ghianina.

4. Beri Dukungan

Ketika anak sedang kesulitan dalam proses belajar di rumah, orang tua harus siap memberi bantuan. Selain itu orang tua harus memberi apresiasi segala usaha yang anak kerjakan selama di rumah.

5. Orang Tua Sebagai Role Model

Selama belajar di rumah, pastikan orang tua memberi contoh yang baik terhadap anak. Seperti tetap produktif selama beraktivitas atau bekerja di rumah agar anak termotivasi.

6. Terbuka Terhadap Anak

Bangun komunikasi yang baik dengan anak selama berada di rumah. Saling terbuka satu sama lain agar anak dapat menceritakan kondisi yang dirasakan selama belajar di rumah kepada orang tua sehingga orang tua pun dapat memahami kondisi sang anak.