5 Virus yang Membahayakan Ibu Hamil

Jago Health

5 Virus yang Membahayakan Ibu Hamil – Ibu hamil lebih rentan sakit karena berbagai macam hal. Salah satu alasannya karena sistem imun tubuh yang cenderung menurun pada ibu hamil. Hal inilah yang membuat ibu hamil termasuk kedalam daftar orang yang berisiko tinggi terkena berbagai macam virus.

Untuk itu, ibu hamil harus senantiasa menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan bergizi, istirahat yang cukup, menghindari stres dan lain sebagainya. Mengingat infeksi virus dapat berpengaruh pada janin yang sedang sang ibu kandung. Misalnya dapat meningkatkan risiko persalinan prematur dan bayi terlihat prematur.

Direktur Center of Disease Control and Prevention (CDC), Dr. Robert Redfield mengungkapkan ketika kondisi pandemi, menyarankan para ibu hamil untuk sebisa mungkin membatasi kontak dengan orang lain untuk mengurangi risiko terkena infeksi virus.

Berikut ini adalah beberapa virus yang dapat mengancam ibu hamil.

5 Virus yang Membahayakan Ibu Hamil

1. Virus Zoster Varicella

Virus ini merupakan penyebab cacar air atau penyakit para ahli tandai dengan munculnya bintil kulit berisi air pada salah satu sisi tubuh dan terasa nyeri. Jenis ini dapat menular melalui tetesan pernapasan atau kontak dekat dengan orang yang terinfeksi dan kemudian berubah menjadi ruam.

Ruam inilah yang akan meluas ke daerah wajah dan tubuh. Selain munculnya bintil kulit, gejala lainnya yang dapat muncul pada ibu hamil adalah demam, sakit kepala, lemas, dan silau terhadap cahaya.

2. Rubella

Sama seperti virus cacar air, rubella merupakan penyakit yang ditularkan melalui tetesan pernapasan. Masa inkubasi virus ini adalah 12 hingga 23 hari. Gejala yang kerap muncul adalah demam atau malaise, mata merah, ruam merah dan sakit kepala. Akibat dari infeksi ini berisiko memunculkan abortus spontan, infeksi janin, kelahiran mati dan lainnya.

3. Hepatitis

Virus lain yang harus para ibu hamil waspadai adalah hepatitis. Hepatitis merupakan penyebab paling umum penyakit kuning pada kehamilan. Hepatitis B dan C adalah jenis hepatitis yang kerap sering kita temukan pada ibu hamil. Gejala yang timbul antara lain mual dan muntah, selalu merasa lelah, penurunan nafsu makan, demam, nyeri otot dan persendian.

4. Ebola

Virus ini menyebabkan demam berdarah yang langka namun parah di mana disebabkan oleh lima spesies virus Ebola yang berbeda.

5. Influenza

Gejala influenza termasuk batuk, demam, sakit kepala, dan sakit tenggorokan menjadi beberapa diantaranya. Gejala lainnya yang kurang umum juga bisa muncul seperti mual dan muntah, serta adanya demam, kemerahan pada wajah, dan lainnya.

Pada ibu hamil, kelompok ini berisiko tinggi mengalami komplikasi parah influenza. Apalagi kehamilan merupakan faktor risiko tertinggi untuk peningkatan penyakit dan kematian. Karenanya, mendapatkan vaksinasi influenza biasanya direkomendasikan pada ibu hamil sebagai langkah preventif.