5 Sejarah Kelam Brand Makanan Ternama

Jago Kuliner

5 Sejarah Kelam Brand Makanan Ternama РBanyaknya brand makanan atau restoran yang telah berdiri sejak lama dan saat ini tengah sukses dan mendunia. Tetapi tentunya banyak rintangan yang tidak mudah bagi pendiri brand tersebut, hampir semua brand makanan terkenal memiliki sejarah kelam.

Seperti brand makanan Auntie Anne’s Pretzels yang ternyata berdiri untuk meringankan rasa berduka.

Ada juga Colonel Sanders, pendiri gerai restoran cepat saji KFC yang sempat jatuh bangun sebelum mendirikan restoran.

5 Sejarah Kelam Brand Makanan Ternama

1. Permen Mars

Mars merupakan salah satu brand cokelat dan permen yang produknya mendunia. Namun jauh sebelum kesuksesannya, Mars dibuat oleh pria bernama Frank Mars. Hidupnya selalu gagal.

Frank memiliki putra bernama Forrest, mereka berdua berambisi untuk mendirikan bisnis makanan hingga rokok. Tapi selalu gagal sampai bangkrut total. Ketika bangkrut, Frank mendengar kabar bahwa putranya telah masuk penjara, karena menempelkan poster iklan rokok miliknya.

Akhirnya dengan sisa uang yang ada, Frank mengeluarkan anaknya dari penjara. Setelah itu mereka minum milkshake bersama, muncul lah ide untuk mencampurkan susu dengan cokelat.

Tak lama lahir lah ‘Milky Way’,produk cokelat paling terkenal dari Mars dan masih terproduksi hingga sekarang.

2. Auntie Anne’s Pretzels

Gerainya tersebar pada berbagai negara, Auntie Anne’s Pretzels ternyata berawal sebagai kue untuk memberikan dukungan. Dukungan ini bertujuan kepada orang-orang yang mengalami depresi, masalah keuangan, hingga putus cinta.

Pendiri Auntie Anne adalah Anne Beiler pada kota Pennyslavania. Saat itu Anne memiliki seorang anak berusia 19 bulan yang meninggal dunia karena kecelakaan. Anne maupun sang suami langsung mengalami depresi.

Ketika ia meminta arahan dari pastor tempat tinggalnya, Anne mengalami pelecehan selama masa konseling mereka. Dari sana lah sang suami memutuskan untuk mendirikan tempat konseling, yang membantu para wanita.

Kemudian pada tahun 1988, Anne mulai membuka gerai kecil untuk menjual pretzel buatannya. Gerai itu berdiri pada klinik tempat suaminya membuka konseling. Dari sana lah pretzel Anne mulai dikenal dan mendunia sampai sekarang.

3. KFC

Kentucky Fried Chicken atau KFC, merupakan salah satu gerai restoran cepat saji paling terkenal diseluruh dunia. Sudah tak terhitung berapa jumlah cabang KFC di berbagai negara. Tapi sebelum meraih kesuksesan seperti sekarang, KFC memiliki sejarah yang kelam.

Pendiri KFC adalah Colonel Sanders yang memiliki nama asli Harland Sanders. Sebelum membuka restoran, Sanders sudah mencoba berbagai jenis pekerjaan. Mulai dari tukang bangunan, tukang parkir, sampai masuk ke angkatan darat.

Ia sering bangkrut dan usahanya gagal. Bahkan ia pernah tidur dalam mobil untuk menghemat pengeluarannya. Tapi karena sifatnya yang tidak mudah menyerah, membuatnya menjadi orang sukses dan berhasil mengembangkan KFC.

4. Coca-Cola

Sama seperti KFC, brand minuman terkenal dunia ini juga miliki sejarah awal yang kelam. Sang pendiri bernama John Pamberton, merupakan veteran perang yang ketergantungan dengan morfin.

Saat itu Pamberton membuka apotek kecil pada kota Atlanta, ia melihat tren baru dimana orang-orang mencampur kokain dengan minuman. Ia pun mulai membuat produk minumannya sendiri, ia menambahkan kokain dengan wine.

Jadi pada tahun 1888, Coca-Cola yang Pamberton ciptakan masih mengandung kokain. Dari sana lah Coca-Cola mulai terkenal. Ketika masuk tahun 1903, kandungan coke atau kokain dalam minuman itu resmi dihapus.

5. Smarties

Permen warna-warni dengan bentuk bulat kecil ini sangat terkenal dengan nama Smarties. Permen ini sudah ada sejak tahun 1949 dan cukup terkenal pada berbagai negara.

Meski berasal dari Amerika, tapi sebenarnya permen Smarties dulu dikembangkan oleh negara Inggris. Meski tidak berbahaya, permen ini pernah memiliki sejarah kelam karena sempat sulit untuk beredar.

Ketika permen ini muncul banyak remaja yang iseng menghaluskan permen, lalu menghirup bubuk permen seperti narkoba. Karenanya beberapa wilayah di Amerika sempat melarang peredaran permen ini.