5 Manfaat Bercinta Saat Malam Hari

Jago Health

5 Manfaat Bercinta Saat Malam Hari – Seks tidak hanya memberikan kesenangan saja, tetapi hubungan seks juga dapat memberikan kesehatan. Hubungan seks dapat meningkatkan suasana hati, hubungan dan kesehatan mental. Aktivitas seks sendiripun tidak hanya soal cinta dan kasih sayang, berhubungan intim memiliki segudang manfaat bagi kesehatan.

Berikut ini adalah 5 manfaat seks bagi kesehatan yang wajib kita ketahui.

5 Manfaat Bercinta Saat Malam Hari

1. Membakar Kalori

Seks tidak akan menggantikan rutinitas olahraga Anda yang biasa, tetapi seks dapat meningkatkan detak jantung dan membakar lebih banyak kalori.

Menurut penelitian Energy Expenditure during Sexual Activity in Young Healthy Couples, pasangan heteroseksual berusia awal 20-an membakar antara 69-100 kalori selama sesi seksual rata-rata. Hal tersebut kira-kira setara dengan berlari selama 10 menit menggunakan treadmill.

2. Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Menurut International Society for Sexual Medicine, orgasme dapat meningkatkan kadar prolaktin. Prolaktin adalah hormon yang terkait dengan perasaan mengantuk dan rileks, yang berarti berhubungan seks dapat membuat Anda lebih mudah tidur pada malam hari.

3. Meningkatkan Imunitas

Menurut penelitian Interactions Among Sexual Activity, Menstrual Cycle Phase, and Immune Function in Healthy Women, wanita yang aktif secara seksual memiliki tingkat antibodi yang disebut immunoglobulin A lebih tinggi dibandingkan dengan wanita yang tidak melakukan hubungan seksual.

Penelitian tersebut menunjukkan kemungkinan adanya hubungan antara seks dan fungsi kekebalan, meskipun para peneliti mencatat bahwa diperlukan lebih banyak penelitian untuk memastikannya.

4. Membantu Meredakan Nyeri

Seks melepaskan endorfin, yang menurut beberapa penelitian dapat membantu mengatasi rasa sakit akibat menstruasi dan saat melahirkan. Menurut Mayo Clinic, seks dapat membantu meredakan nyeri kronis.

5. Mengurangi Stres dan Kegelisahan

Gairah seksual telah terbukti menurunkan kadar hormon stres, kortisol, yang mungkin menjelaskan mengapa seks bisa terasa begitu menenangkan. Alasan lain mengapa seks dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan serta meningkatkan suasana hati adalah karena seks melepaskan endorfin.