5 Makanan Penambah Stamina Bagi Tubuh

Jago Health

5 Makanan Penambah Stamina Bagi Tubuh – Membangun stamina yang kuat untuk tubuh harus memiliki energi yang cukup. Tidak hanya berolahraga, tetapi makanan bergizi juga bisa menjadi sumber energi.

Mengonsumsi makanan yang membantu meningkatkan stamina tubuh bisa membuat seseorang tidak mudah untuk tumbang. Terlebih lagi saat pandemi corona, kita harus memastikan kondisi tubuh untuk tetap sehat agar terhindar dari risiko tertular COVID-19.

Berikut adalah 5 Makanan yang dapat membantu untuk meningkatkan stamina tubuh.

5 Makanan Penambah Stamina Bagi Tubuh

1. Pisang

Pisang dapat menambah stamina tubuh lebih maksimal dan mengandung sumber karbohidrat serta vitamin B6. Kandungan tersebut dapat membantu meningkatkan energi dalam tubuh.

Sebuah studi membuktikan, seseorang yang mengkonsumsi pisang secara rutin membantu bersepeda lebih lama dengan jarak yang lebih jauh.

2. Ikan

Ikan seperti salmon dan tuna merupakan sumber protein, vitamin B, dan asam lemak seperti omega-3. Asam lemak omega-3 dan vitamin B12 pada ikan salmon dan tuna dapat mengurangi peradangan dalam tubuh.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan omega-3 dan vitamin B12 mengurangi rasa lelah dalam tubuh serta membantu memproduksi sel darah merah.

3. Telur

Telur merupakan makanan praktis kaya akan protein. Selain itu, tingginya kandungan leusin, yaitu jenis asam amino esensial bermanfaat dalam penyerapan gula dan metabolisme lemak untuk menghasilkan energi. Telur juga kaya vitamin B. Vitamin ini membantu enzim dalam proses mendapatkan energi.

4. Apel

Apel kaya akan antioksidan dan juga mengandung vitamin serta mineral yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Serat yang terkandung dalam apel memberikan energi untuk jangka waktu panjang.

5. Beras Merah

Beras merah mengandung karbohidrat yang membantu kamu tetap bertenaga sepanjang hari. Tidak hanya itu, beras merah juga kaya akan serat dibandingkan nasi putih. Sehingga, membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dan memberikan energi pada tubuh.